NEWS UPDATE :  
Atribut Width dan Height di Tag Marquee SELAMAT DATANG DI WEBSITE MTsN 1 TULUNGAGUNG | MELANGKAH PASTI MERAIH PRESTASI

Berita

Menuju Sekolah Adiwiyata, MTsN 1 Tulungagung Adakan Kerja Bakti dengan Tema 3R

Kab. Tulungagung (MTsN 1) - Bertempat di lingkungan madrasah pada hari Sabtu (16/10), dilaksanakan kerja bakti dengan mengusung tema 3R (reduse, reuse, dan recycle)Kerja bakti  dimulai jam 08.00 s.d. 10.00 WIB. Semua siswa, guru dan karyawan, serta tenaga kebersihan kompak membersihkan lingkungan madrasah dan menata taman. Siswa yang mengikuti KBM tatap muka pada hari itu dihimbau untuk membawa pupuk, botol bekas, tanaman hias, dan tanaman toga. Selain untuk mempersiapkan diri menuju sekolah adiwiyata, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan bersih dan juga nyaman untuk belajar.
Reduce, upaya reduce adalah melakukan pengurangan benda yang dapat berpotensi sebagai sampah. Seperti contohnya, warga madrasah mengkampanyekan untuk senantiasa membawa botol minum dan wadah bekal makan yang dapat digunakan berulang-ulang. Di madrasah juga terdapat kantin yang tidak menggunakan plastik sebagai wadah. 
Reuse, menggunakan kembali benda yang masih bisa dipakai. Upaya reuse di MTsN 1 Tulungagung ini contohnya menggunakan kembali galon air minum yang sudah tidak digunakan dan limbah plastik sebagai pot tanaman dan instalasi hidroponik.
Recyclemendaur ulang benda yang sudah tak terpakai atau limbah menjadi barang baru yang memiliki keistimewaan dan kegunaan lain. Upaya tersebut dilakukan di madrasah dalam bentuk kegiatan mendaur ulang sampah plastik menjadi aneka hiasan, membuat kompos, membuat amplop dari kertas bekas pakai, membuat tempat pensil dari botol bekas dan banyak upaya lain yang telah dilakukan MTsN 1 Tulungagung sebagai upaya melestarikan lingkungan sekitar dan mencegah kerusakan lingkungan akibat menumpuknya sampah.
Penanaman karakter peduli lingkungan kepada siswa melalui gerakan 3R di madrasah penting dilakukan sejak dini. Harapannya, lambat laun dalam diri siswa akan terbentuk kesadaran dan motivasi internal. Dikatakan Kepala Madrasah Kahfi Nurudduja, kegiatan ini diharapkan akan dilaksanakan secara berkala dalam rangka menghadapi calon Sekolah Adiwiyata.

“Dengan adanya kerja bakti membersihkan lingkungan madrasah dan penanaman bunga dan tanaman toga akan tercipta lingkungan yang bersih, sehat, indah dan rindang serta menambah nilai plus untuk persiapan sebagai Calon Sekolah Adiwiyata,” ungkap Kahfi.

“Semoga harapan kami tersebut bisa tercapai, tentunya dengan adanya kerja keras yang solid dari seluruh warga madrasah,” harap Kahfi.




PENCARIAN